081381991981 info@mitramix.com

Fungsi air dalam pencampuran beton Yaitu: :

Ada dua fungsi pencampuran air dalam beton, yaitu fungsi primer dan fungsi sekunder.

Fungsi air yang ditambahkan pada campuran semen dan beton berfungsi untuk menghidrasi semen. Kecuali bereaksi dengannya hingga menjadi oksida semen. Sebagaimana yang membuat senyawa-senyawa tersebut saling berikatan.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu, Kekuatan Beton

Air dalam pencampuran beton

Selanjutnya jumlah fungsi air dalam pencampuran beton minimum yang diperlukan untuk menghidrasi semen agar menjadi senyawa yang kohesif dengan agregat satu sama lain. Air adalah 3 bagian dari berat semen dan air pencampur selalu diambil bentuk rasio air-semen WIC dari berat semen

Adapun kelebihan air yang ditambahkan ke beton membuat agregat masuk ke pasta semen untuk memudahkan proses operasional di beton, mengingat lebih banyak air mengurangi kekuatan beton

Fungsi Air

Salah satu fungsi air adalah membantu membasahi permukaan partikel agregat. Sebagaimana  sebagian agregat kering, jika bagian ini masuk ke dalam beton. Mengakibatkan penyerapan sebagian air hidrasi dan menyebabkan tidak selesainya proses hidrasi. Hal ini menyebabkan melemahnya kekuatan dan ketahanan beton.

Karena itu jumlah air harus ditempatkan Diperlukan untuk pencampuran sesuai dengan perkiraan yang dibutuhkan oleh campuran desain

Fungsi Air Lainya

Air digunakan untuk mencuci butiran agregat halus dan kasar untuk menghilangkan senyawa organik. Dapat juga menghiangkan kotoran, sulfat dan garam yang sangat berbahaya dalam beton.

Pada akhirnya air digunakan untuk merawat beton setelah dituang dan merupakan proses yang sangat penting. Unsur dimana bagian dari semen berinteraksi dengan air selama proses pencampuran dan bagian lainnya. Proses reaksi dan ketika diperlakukan dengan air setelah dituang, bereaksi dengan air untuk kedua kalinya.

Dalam hal ini, proses reaksi semen berakhir, dan beton bertambah kekuatan dan ketahanannya sepenuhnya. Sehingga menyatu dengan bahan dasar beton itu sendiri. Agar menghindari retak susut akibat pengeringan beton baru, beton harus disemprot dengan air selama seminggu setelah beton dituang..

Kedua: Spesifikasi air pencampur yang digunakan dalam pencampuran beton

Air yang digunakan dalam pencampuran beton harus bersih dan bebas dari zat berbahaya. Misalnya seperti minyak, asam, gula, garam dan bahan organik lainnya. Akan tetapi hal tersebut  dapat mempengaruhi komponen beton atau tulangan baja.

kandungan air minum

Seperti kandungan air minum, dengan pengecualian persyaratan bakteriologis. Satu sama lainya dianggap cocok dalam pencampuran beton. Sebagaimana penggunaan air pencampur dari sumber selain sumber air minum. Salah satu sampel yang volumenya tidak kurang dari 5 liter harus diambil dan dikirim dalam botol.

Untuk sepenuhnya dibawa ke laboratorium sebagai bahan penguji . Selanjutnya untuk dianalisis dan ditentukan kadarnya. Alhasil keduanya – pengotor anorganik, Klorida, sulfat, alkali karbonat, tingkat pencemaran pada limbah industri dan hidrogen (PH). Air ini dapat digunakan untuk pencampuran dan pengolahan, asalkan air tersebut terpenuhi.

kondisi Spesifikasi air pencampur :

  1. Spesifikasi air pencampur waktu pengikatan awal sampel semen yang sudah diproses tidak boleh lebih dari 30 menit. Sejak awal pengikatan sebagai sampel dengan semen yang sama campuran dengan air. Sebagaimana ketentuan waktu pengaturan tidak boleh kurang dari 45 menit dengan cara apa pun.
  2. Ketahanan tekanan setelah 7 hingga 28 hari kubus di mana air ini digunakan tidak boleh kurang dari 95%. Kemudian kekuatan dari tahanan tekanan sampel dapat bercampur dengan air yang dapat diminum.
  3. Saat merancang campuran beton, jenis air yang sama yang digunakan dalam pencampuran harus digunakan saat membangun struktur.
  4. Air beton mensyaratkan kandungan garam tidak melebihi:
  • 2 gram per liter total garam jenuh (TDS)
    • 0,5 gram per liter garam klorida
    • 13 gram per liter garam sulfat
    • 1,2 gram per liter karbonat dan garam bikarbonat
      • 1, gram per liter natrium sulfida
      • 2, gram per liter bahan organik
    • 3 gram per liter bahan anorganik, yang merupakan tanah liat dan bahan tersuspensi non-sedimen yang mengaburkan air pencampuran.

pH air pencampur tidak boleh kurang dari 7

Artinya  spesifikasi air pencampur  sama sekali tidak diperbolehkan menggunakan air laut. Dalam situasi apapun pencampuran jenis air sangat mempertimbangkan keadaan beton.

Salah satu kandungan pengotor berikut mengurangi kekuatan beton bertulang kurang dari 15%. Antara lain sebagai berikut:

  • Air yang mengandung natrium 0,15%
  • Kangandungan air sulfat dengan persentase tidak melebihi 1%.
    • Pompa air di tambang kurungan.
    • Jenis air limbah dari pabrik sabun atau bir.
    • Air laut yang mengandung natrium klorida kurang dari 3%

Jenis air

Jenis air berikut tidak cocok untuk digunakan sebagai air pencampur beton:

  • air laut yang mengandung 3,5% atau lebih larutan sulfat – air yang mengandung 3,5% atau lebih larutan sulfat.
  • Dalam kangdungan air lebih dari 3% natrium klorida.
  • Serta kandungan air limbah hasil penyamakan kulit, pabrik kimia dan pabrik logam.

Kemudaian air yang mengandung zat gula, menyebabkan kerusakan total pada ketahanan beton. Oleh karena itu menghambat pembentukan mengentalnya semen. Bila campuran beton cor sudah di tuangkan keadalam mobil molen. Lalu terjadi pengentalalan sebab terlalu lama mengunggu untuk menuangkan. Maka ada baiknya adukan beton cor di siram dengan teh botol. Biasanya para driver molen mengetahui hal tersebut.

Air limbah dari pabrik kokas

Pertama Air limbah

Boleh menggunakan air laut bila diperlukan dalam pencampuran beton biasa tanpa tulangan. Dengan pengecualian kadar semen dalam campuran meningkat. Sehingga mencapai ketahanan yang dibutuhkan untuk beton biasa.

Sebagaimana air yang cocok untuk pencampuran beton bertulang dianggap cocok untuk digunakan dalam perawatan beton. Karena dengan air laut yang digunakan setelah mengeras.

Demikian pula air yang digunakan dalam perawatan tidak boleh menimbulkan noda. Sehingga endapan mengakibatkan yang tidak wajar pada permukaan beton.

info mitramix.com
Butuh informasi?
Mitra Mix Call Center
Hallo Mitra Mix