081381991981 info@mitramix.com

Cek Pekerjaan Betonisasi Jembatan merupakan struktur yang menyediakan jalan melewati rintangan seperti lembah, medan kasar atau badan air. Bentangan merentangkan rintangan tersebut dengan bahan alami atau buatan manusia. Jembatan pertama kali mulai di gunakan di zaman kuno ketika peradaban modern pertama mulai muncul di Mesopotamia. Sejak saat itu, pengetahuan, rekayasa, dan pembuatan bahan bangunan jembatan dapat menemukan batasnya.

Pada awalnya jembatan adalah struktur yang sangat sederhana yang di bangun dari sumber daya alam yang mudah di akses. Cek Pekerjaan Betonisasi Jembatan  dengan bahan kayu gelondongan, batu dan tanah. Karena itu, jembatan hanya memiliki kemampuan untuk menjangkau jarak yang sangat dekat. Strukturalnya tidak tinggi karena mortar belum di temukan dan hujan perlahan tetapi terus-menerus melarutkan tambalan jembata.

Revolusi dalam konstruksi

Revolusi dalam konstruksi jembatan pada awalnya di Roma Kuno memperkenalkan kepada peradaban. Para insinyurnya menemukan cek pekerjaan betonisasi jembatan  dengan batuan vulkanik yang di giling. Sehingga dapat berfungsi sebagai bahan yang sangat baik untuk membuat mortar.

Penemuan ini mengawali pembangunan struktur yang jauh lebih kokoh, kuat, dan lebih besar daripada peradaban mana pun sebelumnya. Sehingga melihat kekuatan jalan dan koneksi ke negeri-negeri yang jauh, arsitek Romawi segera menyebar ke seluruh Eropa, Afrika dan Asia. Bagaiamana cera membangun jembatan dan jalan dengan kualitas yang sangat tinggi.

Baca Juga: Mengetahui Tahapan Pengerjaan Pondasi Konstruksi

Jembatan

Selain jembatan bukanlah sebuah konstruksi tetapi merupakan sebuah konsep, konsep melintasi bentangan daratan yang luas atau massa air yang sangat besar, dan untuk menghubungkan dua titik yang berjauhan, yang pada akhirnya mengurangi jarak di antara keduanya. Jembatan menyediakan jalan melewati rintangan gua-gua kecil, lembah, jalan, badan air, atau rintangan fisik lainnya. Desain jembatan bervariasi tergantung pada sifat medan dan fungsi jembatan dan di mana jembatan itu di bangun.

Jembatan pertama di yakini dibuat oleh alam — sesederhana batang kayu yang jatuh melintasi sungai. Jembatan pertama yang dibuat oleh manusia mungkin berupa balok kayu atau papan dan akhirnya batu, menggunakan penyangga sederhana dan susunan balok silang. Literatur Epik India Ramayana memberikan catatan mitologis tentang jembatan yang dibangun dari India ke Sri Lanka oleh tentara Sri Rama, Raja mitologi Ayodhya.

Jenis Jembatan

Cek Pekerjaan Betonisasi Jembatan Penyebutan jenis jembatan yang dibangun oleh dinasti Maurya di India, dengan nama “Arthasastra” Kautilya. Selama perang Mughal telah membangun banyak jembatan melintasi sungai-sungai besar, di India. Sebelum orang-orang pra-sejarah mulai membangun tempat perlindungan untuk diri mereka sendiri..

Sebenarnya jenis jembatan secara tidak sengaja adalah pohon-pohon yang tumbang di seberang sungai. Mulai hanyut terbawa arus, sehingga melintang dari tepi ke tepi bertindak sebagai jembatan. Suku pengembara yang pertama kali dengan sengaja membuat pohon tumbang melintasi sungai adalah pembangun jembatan pertama.

Jenis Jembatan di China

Adapun jenis jembatan tanaman tanaman merambat yang bengkok ditemukan di banyak bagian India. Sebagai contoh jembatan kayu adalah beberapa yang paling kuno. Jenis jembatan gantung telah dikenal juga di Cina pada awal 206 SM.

Orang Cina membangun jenis jembatan besar dari konstruksi kayu, kemudian jembatan batu, dan jembatan batu tertua yang masih ada di Cina adalah Jembatan Zhaozhou yang dibangun sekitar tahun 605 M selama Dinasti Sui.

Jembatan ini juga penting secara historis karena merupakan jembatan lengkung segmental batu terbuka tertua di dunia. Bangsa Romawi kuno adalah pembangun jembatan terbesar di zaman kuno.

Jenis Struktur Jembatan

Jenis struktur jembatan diklasifikasikan sebagai jembatan balok, jembatan kantilever, jembatan lengkung, jembatan gantung, jembatan kabel dan jembatan truss.

Jenis Jembatan Balok:

Balok horizontal yang ditopang pada ujungnya terdiri dari struktur jembatan balok. Konstruksi jembatan balok adalah yang paling sederhana dari semua jenis jembatan.

Jembatan kantilever

Dengan menggunakan kantilever—balok horizontal yang ditopang hanya pada salah satu ujungnya. Kebanyakan jembatan kantilever menggunakan dua lengan kantilever yang memanjang dari sisi berlawanan dari rintangan yang akan dilintasi, bertemu di tengah.

Arch Bridge

Jenis jembatan Arch Bridge berbentuk lengkungan dan memiliki penyangga di kedua ujungnya. Sehingga beban berat jembatan berbentuk lengkung dipaksa ke dalam penyangga di kedua ujungnya.

Jembatan gantung kabel.

Adapun Jenis jembatan gantung Kabel suspensi ditambatkan di setiap ujung jembatan. Beban yang ditanggung jembatan diubah menjadi tegangan pada kabel.

Jembatan Cable-stayed

Seperti jembatan gantung ditopang oleh kabel. Jenis Jembatan Cable-stayed kabel yang dibutuhkan lebih sedikit dan menara yang menahan kabel secara proporsional lebih pendek. Jembatan cable-stayed terpanjang adalah jembatan Sutong di atas Sungai Yangtze di Cina.

Pekerjaan Betonisasi Jembatan

Ada banyak bagian yang mungkin pekerjaan betonisasi jembatan di tempat. Karena pilihan desain mungkin bergantung pada banyak variabel : beban desain, panjang bentang, lebar, dan banyak faktor lainnya.

Klasifikasi Berdasarkan Bagian Pekerjaan Betonisasi Jembatan

Di antara jenis yang paling umum digunakan adalah bagian berikut:

Jenis bagian kotak sederhana :

Ini adalah bagian yang paling tidak rumit untuk dirancang dan dibangun karena bagian tersebut memiliki geometri yang sederhana dan konstan. Pada umumnya penampang kotak dapat memberikan ketahanan yang tinggi terhadap beban punter. Biasanya karena eksentrisitas beban akibat pergerakan kendaraan.

Bagian kotak sel tunggal (bagian konstan atau variabel):

Kebutuhan untuk mengurangi dimensi melintang substruktur (kolom dan ambang pintu), yang merupakan faktor penting terutama untuk struktur overhead perkotaan dan ekstra-perkotaan, telah menyebabkan seringnya desain penampang kotak dengan inti yang dikurangi dalam kaitannya dengan lebar total bagian geladak.

Sayap camar yang diringankan (konstan atau variabel):

Bagian sayap camar yang diringankan (umumnya dengan silinder porexpan) memungkinkan pengurangan ketebalan sambil mempertahankan ketahanan terhadap beban utama.

Penampang balok-T :

Sebagaimana penampang balok-T terbuka adalah bagian yang paling sederhana dari segi struktur tetapi juga merupakan bagian dengan kinerja paling rendah dari segi berat struktur dan kekuatan puntir.

Penguatan Suprastruktur Pekerjaan Betonisasi Jembatan

Bangunan atas atau geladak dapat dikuatkan menggunakan metode yang berbeda tergantung pada karakteristik geladak itu sendiri dan situasi orografis yang mendasarinya.

Ada 5 jenis utama konstruksi bekisting dek jembatan beton. Mari kita lihat mereka secara detail:

  • bekisting terus menerus
  • Kedua bekisting portico
  • Kereta maju
  • Balok prefabrikasi in-situ
  • peluncur balok
  • Jenis bekisting terus menerus

Bekisting menerus

Bekisting menerus adalah suatu struktur yang dibentuk oleh menara-menara dari elemen-elemen multi arah yang dikuatkan , yang mempunyai fungsi untuk memindahkan beban-beban yang bekerja di tanah ke tanah, yaitu berat itu sendiri, berat bekisting, dan berat beton.

Sistem ini memungkinkan ketinggian yang signifikan untuk dicapai dengan menopang bekisting dek pada ketinggian yang diperlukan. Bekisting dek biasanya terdiri dari kerangka ganda dari logam dan balok kayu yang dilapisi dengan mantel fenolik (lihat paragraf terakhir).

Bekisting kontinu dapat optimal dalam kondisi berikut:

  • Ketinggian hingga 20 meter;
  • Kemungkinan dukungan di lapangan;
  • Jumlah bentang yang rendah.

Jenis Bekisting portico

Bekisting portico adalah versi sebelumnya yang memungkinkan rentang jarak hingga 20 meter tanpa dukungan di tanah. Ini digunakan dalam kasus di mana perlu untuk memastikan lalu lintas kendaraan. Selama fase konstruksi atau dalam kasus di mana perlu untuk mengatasi hambatan atau aliran air.

Gantry dibuat dengan menggunakan profil logam yang berbeda tergantung pada panjang bentang. Untuk bentang hingga 12 meter, dimungkinkan untuk menggunakan profil HEB-400 yang didukung pada profil HEB-300 dan HEB-140.

Untuk bentang yang lebih besar, perlu menggunakan gelagar kisi yang didukung pada menara berkapasitas tinggi (tidak lagi dibentuk oleh perancah multi-arah tetapi oleh profil logam).

Bekisting portico dapat optimal dalam kondisi berikut:

  • Ketinggian lebih dari 30 meter
  • Menyeberangi aliran air atau jalan untuk memastikan lalu lintas kendaraan, tidak melebihi 20 meter panjangnya.
  • Ketika ada banyak bentang yang harus ditutup, ada keuntungan dalam hal kinerja, dibandingkan dengan memindahkan (dengan perakitan dan pembongkaran) seluruh volume bekisting yang digunakan di setiap bentang.

Kereta maju

Sistem pengangkutan Kereta maju terdiri dari struktur logam bergerak yang mendukung bekisting kantilever , dibeton secara simetris di kedua sisi tiang. Struktur ini memungkinkan bekisting untuk didirikan, dilucuti dan dipindahkan. Dengan menggunakan dongkrak yang didukung pada bentang jembatan yang baru dibeton (atau, dalam beberapa kasus, dengan menggunakan derek besar).

Konstruksi jembatan menggunakan metode ini dipertimbangkan selama tahap desain. Karena perlu untuk menentukan panjang muka, sudut muka berat braket menciptakan defleksi untuk menyambung dengan sisa jembatan. Panjang bagian pendukung dan kekuatan beton yang diperlukan, di antara banyak perhitungan lainnya.

Prosesnya dimulai dari tiang pancang, kantilever di kedua sisi pada saat yang sama. Agar menjaga keseimbangan saat beton. Setelah beton pertama, struktur baja dirakit di setiap sisi, bertumpu pada bagian yang sudah dibeton dengan overhang 3-5 meter.

Gerbong maju dapat optimal dalam kondisi berikut:

  • Ketinggian lebih dari 20 meter;
  • Tidak ada kemungkinan dukungan di lapangan;
  • Jembatan lengkung.

Balok prefabrikasi in-situ

Salah satu opsi Balok prefabrikasi in-situ  yang dapat digunakan dalam beberapa kasus adalah membuat balok geladak di tempat . Sehingga hanya perlu ditempatkan dengan derek pada ketinggian di atas kolom Balok prefabrikasi in-situ. Proses ini menghindari pengangkutan balok prefabrikasi dari pabrik.  Dengan operasi yang bisa sangat rumit karena panjangnya, dan mempercepat proses konstruksi dibandingkan dengan solusi non-prefabrikasi.

Di sisi lain, masih perlu untuk mempelajari solusi bekisting untuk beton selanjutnya dari pelat topping.  Solusi ini tidak memungkinkan untuk kelengkungan dan/atau kemiringan yang berlebihan.

Sistem dengan balok prefabrikasi in-situ dapat optimal dalam kondisi berikut:

  • Jembatan / jembatan lurus
  • Waktu konstruksi yang singkat
  • Desain bagian-T.

Peluncur balok

Peluncur balok adalah mesin yang harus diperlakukan seperti itu daripada sebagai sistem bekisting. Ini terdiri dari struktur pendukung yang dibentuk oleh balok longitudinal besar yang bertindak sebagai struktur pendukung. Sebagai panduan untuk struktur melintang bergerak yang mendukung bekisting.

Sebagaimana peluncur balok dapat ditempatkan di atas geladak (dalam hal ini bekisting digantung) atau di bawah geladak. Mesin digerakkan oleh silinder hidrolik, yang bergerak dari bagian yang baru dibeton ke tiang berikutnya. Sehingga bertumpu pada 2 tiang berturut-turut dan di bagian yang baru dibeton

Dalam sistem perakitan yang lambat (antara 1 dan 2 bulan, tergantung pada panjangnya) dan mahal. Sehingga dibenarkan hanya di jembatan yang sangat panjang (minimal 7 atau 8 bentang) dan/atau ketinggian sedemikian rupa. Sehingga bekisting di tanah akan terlalu mahal (di atas 20 meter), dan juga ketika orografi tidak menguntungkan untuk menempatkan bekisting.

info mitramix.com
Butuh informasi?
Mitra Mix Call Center
Hallo Mitra Mix